logo
Home

LANGKAH PERTAMA : Yakinlah

Bagaimana saudara dapat yakin bahwa saudara seorang Kristen?

Beberapa waktu yang lalu, saya makan siang bersama sepasang suami istri, dan munculah suatu pokok pembicaraan. Sang suami berkata bahwa ia mengira dirinya seorang Kristen, karena ia percaya akan hukum Kasih.

Ia percaya bahwa ia senantiasa menmperlakukan  orang lain dengan baik. Sang istri menanyakan pendapat saya. dan saya katakan : :"Alkitab berkata bahwa engkau adalah seorang kristen jika engkau menerima Kristus menjadi Juruselamatmu..Seberapa banyak oarang  yang menerimaNya, kepada mereka diberiNya hak untuk menjadi anak2 Allah, yaitu mereka yang percaya dalam namaNya., Sang istri lalu berkata kepada sang suami :" Nah, kalau begitu kamu  sesungguhnya bukanlah seorang  Kristen, karena kamu tidak percaya kepada Allah dan tidak menerima Dia sebagai Juruselamatmu".

Sama halnya seperti suatu pernikahan. Pada saat saudara berkata "saya mau", saudara sudah terikat kepada pasangan saudara,dalam suatu ikatan nikah.Demikian juga bila saudara telah meminta Yesus untuk masuk kedalam hidup saudara sebagai Tuhan dan Juruslamat, maka saudara menjadi seorang Kristen.

Saudara tidak menjadi Kristen karena saudara merasa demikian, karena perasaan dapat berubah-ubah. Saudara dapat bangun  pada suatu pagi dan  merasa  bahwa saudara bukan seorang yang benar atau baik, namun saudara tetap seorang kristen karena  saudara telah meminta Kristus masuk didalam hidup saudara.

Tetapi saudara  juga  tidak menjadi sorang kristen karena tempat kelahiran saudara
Istri saya dan saya pernah jalan2 ke Swedia dan disana berbicara dengan sorang pelayan restoran. Ia mengaku dirinya seorang Kristen, dan kami katakan " Oh, bagus", tetapi dari pembicaraan lebih lanjut, ternyata bahwa dia tidak percaya akan Allah, tidak pergi kegereja, dan tidak percaya bahwa Yesus adalah anak Allah.

Namun, dia mengira bahwa dirinya seorang kristen, karena ia dilahirkan di Swedia dan Swedia  resminya adalah sautu negara Kristen. Sebenarnya saya enggan mengatakannya, tapi seekor tikus tidak bisa menjadi biskuit bila ia masuk kedalam kaleng biskuit, bukan?

Saudara mungkin kegereja setiap minggu. Walaupun itu bagus, tapi kalau didalam hatimu saudara tidak percaya kepada Allah dan tidak menerima Jesus sebagai Juruslamat saudara, saudara bukanlah seorang Kristen. Tetapi. kalau saudara sudah mengundang Kristus masuk kedalam hatimu dan menjadi Tuhan dan Juruslamat didalam hidupmu, saudara haruslah yakin bahwa saudara  adalah seorang kristen. Alkitab berkata bahwa Allah tidak akan membiarkan kita dan Ia tidak akan meninggalkan kita.


Bukanlah karena kebaikan dan kebenaranmu saudara menjadi seorang kristen, tetapi karena saudara sudah menerima hadiah cuma-cuma dari Allah, yaitu Yesus Kristus yang telah mati dikayu salib untuk menebus hukuman atas dosa2mu. Dan kalau semuanya itu sudah engkau lakukan, saudara boleh yakin bahwa saudara adalah seorang kristen.

  • 1: Saudara yakin bahwa saudara orang kristen.
  • 2: Saudara dapat mengalami kasih dan pengampunan Allah.
  • langkah berikutnya