logo
Home

LANGKAH KEEMPAT: Gereja

Gereja sangat penting bagi kita, orang2 Kristen. Seperti juga dalam satu tim baseball, saudara mungkin adalah pemain baseball yang paling hebat didunia, tetapi kalau saudara harus bermain  di seluruh sembilan posisi sekaligus, engkau tidak akan pernah dapat melakukannya dengan efektiv..
Tuhan juga tidak mengiharapkan saudara untuk menjalani hidup kekristenan sendirian. Ia memberikan kita gereja, yaitu orang2 kristen lain untuk membantu saudara bertumbuh dalam hidupan kekristenan saudara.

Persoalan dalam bahasa Inggris (begitupula bahasa Indonesia),adalah bahwa kata "gereja" telah menjadi sebutan untuk bangunan gerejanya. Jadi kita katakan mengenai kegereja seperti halnya pergi ke sebuah bangunan gereja pada Minggu pagi, yang memang adalah baik untuk kita lakukan.
Namun, arti gereja sesungguhnya menurut  Alkitab adalah tubuh Kristus, yaitu sekumpulan orang2 Kristen yang berhimpun.

Apa bila saudara ingin bersekutu dengan orang2 kristen lainnya. berarti saudara dapat saling belajar satu dengan lainnya, dan saling menguatkan. Orang-orang yang telah lebih lama menjadi kristen daripada saudara dapat membantu saudara untuk dapat mengerti bagaimana dapat menjalankan cara hidup kekristenan dengan lebih baik. Kadang-kadang saudara juga dapat memberi kepada orang lain. Misalnya kalau ada seorang yang sakit digereja saudara,dan mereka memerlukan bantuan. Maka, itulah mungkin merupakan suatu kesempatan buat saudara untuk pergi dan berdoa bagi mereka, dan bisa juga saudara membawakan  mereka makanan.  Lain kali, mungkin saudara sendiri  yang memerlukan pertolongan..Mungkin pula saudara menghadapi persoalan2 dengan anak-anak saudara dan orang  lain  digereja yang pernah menghadapi problema yang sama.dapat datang dan berdoa dan menguatkan saudara.

Alasan baik  lainnya  untuk pergi kegereja adalah untuk mendapat pengajaran. Jadi kalau Minggu pagi saudara pergi kegereja untuk mendengar khotbah pendeta saudara, berdoalah '"Tuhan, ajarilah saya melalui khotbah pendeta  bagaimana dapat hidup sebagai seorang kristen".

Tuhan memberikan kita saudara-saudara seiman lainnya. Kalau saudara tidak tahu harus kegereja mana, hubungilah kami atau carilah gereja yang baik disekitar kediaman saudara. Saudara dapat juga berdoa untuk sebuah gereja yang mengajar Firman Tuhan dan yang percaya bahwa Yesus adalah anak Allah. Tuhan tidak menuntut supaya saudara menjalani hidup sebagai orang Kristen seorang diri. Ia ingin saudara bersekutu dengan orang-orang Kristen lainnya.. Almarhum presiden J F Kennedy pernah berkata "Jangan tanyakan apa yang negaramu dapat berikan kepadamu, tapi tanyakanlah apa yang dapat  kamu lakukan untuk negaramu ". Ini adalah nasihat yang sangat baik untuk cara kita bergereja. Meskipun ada banyak  hal yang kita peroleh jika kita pergi kegereja, namun sebelum berangkat berdoalah demikian: "Tuhan, ajarlah saya bagaimana dapat menyembah dan memujiMu, dan juga nagaimana saya dapat menolong dan melayani orang-orang lain juga".

Saudara dapat menjadi berkat bagi orang-orang lain.

Dengan bergereja, saudara dapat menyembah Tuhan, dapat belajar mengenai Tuhan, dan dapat bertumbuh sebagai seorang Kristen.

langkah berikutnya