logo
Home

LANGKAH KELIMA: Doa

Berdoa  sebenarnya adalah berbicara dengan Tuhan.

Seperti layaknya kita bercakap-cakap dengan seseorang, tentunya kita berbicara dan  mendengar dengan silih berganti.

Begitupula selain berbicara kepada Tuhan, kita juga harus mendengar. Bayangkan seorang gadis kecil bernama Amanda yang sedang bermain dikebun.Kelihatannya ia  seakan-akan sedang berbicara kepada dirinya sendiri, tetapi kadangkala ia diam.

Ayahnya keluar menghampirinya dan bertanya :"Amanda, apakah engkau berbicara pada dirimu sendiri?" "Tidak ayah, saya sedang berbicara dengan Tuhan. Tuhan mendengarkan saya, dan saya mendengarkan Dia'."

Kita berpikir salah mengenai doa  apabila kita kira bahwa berdoa itu  hanyalah berbicara kepada Tuhan mengenai hal-hal tertentu sehari sekali, dan kata-kata yang sama itu kita ulangi lagi setiap hari, tanpa kita sendiri menyediakan waktu untuk mendengar.

Pasti saudarapun tidak menginginkan percakapan yang seperti itu didunia ini, tentunya saudara ingin agar dapat berbicara dan mendengar secara bergantian. Tuhan mengundang kita  untuk datang dan bergaul denganNya.

Ketika berada di Taman Eden, Adam dan Hawa  dapat berbicara dengan Allah. Allah akan turun kebumi dan berbicara dengan mereka.

Demikian pula, adalah baik sekali apabila saudara dapat menyediakan suatu waktu yang khusus untuk bersekutu dengan Tuhan setiap hari. Untuk berbicara kepada Tuhan dan mencurahkan isi hati saudara kepadaNya. Katakan kepadaNya bahwa saudara mengasihiNya. Yesus, didalam Doa Bapa Kami Nya, mengajarkan kita untuk mulai berdoa dengan mengatakan "Bapa kami yang disurga, dikuduskanlah namaMu".

Saudara juga dapat berdoa untuk hal-hal lain. Saudara dapat meminta pertolonganNya untuk hal-hal tertentu didalam hidup saudara .Saudara dapat mendoakan orang-orang yang saudara kasihi, saudara juga dapat berdoa untuk orang-orang lain, tetapi Alkitab juga berkata kita  bahwa harus berdoa dengan iman: Bila saudara berdoa, percayalah bahwa Tuhan mendengar doa-doa saudara dan Ia akan menjawabnya. Berapa seringnya engkau harus berdoa? Saudara dapat berdoa diwaktu-waktu yang saudara  sediakan  khusus untuk itu, tetapi karena Tuhan selalu ada bersama saudara, saudara juga dapat berdoa didalam hati dan pikiran saudara setiap saat, sepanjang hari. Adalah penting juga untuk menyediakan waktu untuk berdiam diri sambil mendengar suara Tuhan. Mintalah agar Tuhan menguasai pikiran saudara sehingga saudara dapat mendengar suaraNya. Sesungguhnya doa adalah hak istimewa  untuk kita dapat bersekutu dengan Tuhan semesta alam, berbicara kepadaNya dan melewatkan waktu bersama Dia.

9: Saudara dapat berdoa dalam kejakinan.

langkah berikutnya